Kategori
Artikel

Cara Membuat Video Behind-The-Scenes Yang Menarik Untuk UMKM

Cara Membuat Video Behind-the-Scenes yang Menarik untuk UMKM

Dalam lanskap pemasaran digital yang kompetitif saat ini, video telah menjadi alat yang sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menonjol dan terhubung dengan audiens mereka. Salah satu jenis video yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan dan keterlibatan adalah video behind-the-scenes (BTS).

Video BTS menawarkan pandangan eksklusif ke dalam operasi bisnis Anda, memberi pelanggan potensial gambaran tentang budaya, nilai, dan proses Anda. Dengan membuat video BTS yang menarik, Anda dapat:

  • Membangun Kepercayaan: Tunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah bisnis yang transparan dan dapat dipercaya.
  • Meningkatkan Keterlibatan: Konten BTS yang menarik dapat membuat audiens Anda tetap terlibat dan ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.
  • Membedakan Diri Anda: Menonjol dari pesaing Anda dengan memberikan konten yang unik dan menarik yang tidak dapat mereka tawarkan.
  • Mendorong Penjualan: Video BTS dapat membantu pelanggan merasa terhubung dengan bisnis Anda dan lebih cenderung melakukan pembelian.

Langkah-Langkah Membuat Video Behind-the-Scenes yang Menarik

Membuat video BTS yang efektif memerlukan perencanaan dan eksekusi yang cermat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membantu Anda memulai:

1. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum Anda mulai merekam, tentukan tujuan Anda untuk video BTS. Apakah Anda ingin membangun kesadaran merek, meningkatkan kepercayaan, atau mendorong penjualan? Mengetahui tujuan Anda akan membantu Anda memfokuskan konten Anda.

2. Identifikasi Cerita Anda

Apa yang membuat bisnis Anda unik? Apa yang ingin Anda bagikan dengan audiens Anda? Cerita Anda harus menarik, informatif, dan relevan dengan tujuan Anda.

3. Rencanakan Konten Anda

Buat garis besar untuk video Anda, termasuk urutan pengambilan gambar, subjek wawancara, dan rekaman apa pun yang diperlukan. Ini akan membantu Anda tetap teratur dan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan poin penting apa pun.

4. Kumpulkan Peralatan Anda

Anda tidak memerlukan peralatan canggih untuk membuat video BTS yang bagus. Smartphone atau kamera digital berkualitas baik sudah cukup. Pastikan Anda juga memiliki pencahayaan yang baik dan mikrofon untuk menangkap audio yang jelas.

5. Rekam Rekaman Anda

Saat merekam, fokuslah untuk menangkap momen otentik yang menceritakan kisah Anda. Jangan takut untuk menunjukkan sisi manusia bisnis Anda dan biarkan kepribadian Anda bersinar.

6. Edit Video Anda

Setelah Anda memiliki rekaman, edit video Anda untuk membuatnya menarik dan mudah ditonton. Gunakan perangkat lunak pengeditan video untuk memotong klip, menambahkan musik, dan membuat judul yang menarik.

7. Promosikan Video Anda

Setelah video Anda selesai, promosikan di saluran media sosial, situs web, dan platform lainnya. Gunakan judul yang menarik dan deskripsi yang menjelaskan nilai video Anda.

Tips untuk Video BTS yang Menarik

  • Jadilah Otentik: Tunjukkan kepada audiens Anda sisi nyata bisnis Anda.
  • Fokus pada Cerita: Buat video yang menceritakan kisah yang menarik dan berkesan.
  • Gunakan Visual yang Menarik: Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi untuk membuat konten Anda menonjol.
  • Tambahkan Musik yang Menarik: Musik dapat membantu mengatur suasana hati dan membuat video Anda lebih menarik.
  • Buat Judul yang Menarik: Judul Anda harus menarik dan memberi tahu audiens Anda tentang apa video itu.
  • Promosikan Secara Efektif: Bagikan video Anda di sebanyak mungkin saluran untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Contoh Video BTS yang Sukses

Berikut adalah beberapa contoh video BTS yang sukses dari UMKM:

  • Warby Parker: Produsen kacamata ini membuat video BTS yang menunjukkan proses pembuatan kacamata mereka, dari desain hingga produksi.
  • Birchbox: Perusahaan langganan kecantikan ini membuat video BTS yang memperkenalkan tim mereka dan memberi pelanggan pandangan eksklusif ke dalam proses kurasi produk mereka.
  • Etsy: Platform e-commerce ini membuat video BTS yang menampilkan pengrajin yang menjual produk mereka di situs web.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips ini, Anda dapat membuat video BTS yang menarik dan efektif yang akan membantu Anda membangun kepercayaan, meningkatkan keterlibatan, dan mendorong penjualan untuk bisnis UMKM Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *